Jumat, 28 Maret 2014

DEFINITION OF RELATIVE PRONOUN


RELATIVE PRONOUN
 A relative pronoun is a pronoun that introduces a relative clause. It is called a "relative" pronoun because it "relates" to the word that it modifies. We can join up sentences using Relative Pronoun. Relative pronoun yang dalam bahasa Indonesia dinyatakan dengan kata ‘yang’, adalah kata ganti penghubung yang digunakan untuk membentuk sebuah kalimat yang berasal dari dua buah kalimat. Relative pronoun menggantikan satu atau dua frase benda yang identik dan menghubungkan klausa satu dengan lainnya, dimana nantinya kalimat atau klausa yang satu akan menerangkan bagian kalimat lainnya. There are two kinds of relative pronoun :
1.      Defining Relative Pronoun
Defining relative pronoun adalah bentuk pronoun yang mempunyai sifat mementukan dan atau membedakan antara frase benda yang diterangkannya dari benda lainnya. Defining tidak diapit koma (,) dan relative pronounnya terkadang bisa dihilangkan. Jenis pronoun yang digunakan dalam defining relative pronoun antara lain :  
a.      Who
‘Who’ digunakan untuk menggantikan orang yang berkedudukan sebagai subyek.
Example :
-          Fini is angry.
-          She has just lost in the game.
Kedua kalimat ini dapat digabungkan dengan pola relative pronoun menjadi :
-          Fini who has just lost in the game is angry.
Relative pronoun ‘who’diletakkan tepatsetelah kata yang digantikannya.
b.      Whom
‘Whom’ digunakan untuk menggantikan frase orang yang berkedudukan sebagai objek atau complement.
Example :
-          The men are angry.
-          I don’t like the men.
Gabungan kalimat diatas menjadi :
-          The men whom I don’t like are angry.
c.       Whose
‘Whose’ digunakan untuk menggantikan frase orang yang menyatakan kepemilikan atau kepunyaan (possessive).  
Example :
-          The board was composed of citizens.
-          The citizens’ dedication was evident.
Kalimat diatas dapat digabungkan menjadi :
-          The board was composed of citizens whose dedication was evident.
d.      Which
‘Which’ digunakan untuk menggantikan frase benda atau binatang baik berkedudukan sebagai subjek maupun objek.
Example :
-          Lupus is my cat.
-          I feed it everyday.
Kalimat diatas jika digabungkan dengan menggunakan relative pronoun ‘Which’ menjadi :
-          Lupus which I feed everyday is my cat.
e.       That
‘That’ digunakan untuk menggantikan frase orang atau benda dalam hal ini ‘that’ sama dengan ‘who’, ‘whom’, dan ‘which’.
Example :
-          The girl who met me is very pretty = The girl that met me is very pretty.
-          The girl whom Setiawan loves is very  pretty = The girl that Setiawan loves is very  pretty.
-          Lupus which I feed everyday is my cat = Lupus that I feed everyday is my cat.
Note : ‘that’ tidak digunakan untuk menerangkan Tuhan, sebaiknya kita gunakan ‘who’ dan atau ‘whom’.
Example :
-          Allah is the only one who created the universe.
Tidak bisa seperti ini :
-          Allah is the only one that created the universe.
2.       Non-Defining relative Pronoun
Non-Defining relative Pronoun adalah bentuk pronoun yang bersifat memberi tambahan informasi atau keterangan tambahan mengenai frase yang diterangkannya.
Non-Defining relative Pronoun selalu diapit oleh koma (,) dan relative pronounnya tidak bisa dihilangkan.
Example: 
- Mrs Pratt, who is very kind, is my teacher.
- The car, which was a taxi, exploded
- Mrs Pratt, whom I like very much, is my teacher.
- My brother, whose phone you just heard, is a doctor.
Note : pembentukan relative pronoun pada non-defining sama dengan pada defining, terkecuali ‘that’ tidak dipergunakan.

PERBEDAAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITIF

Penelitian adalah pemikiran yang sistematis mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta.



Tabel Perbedaan Penelitian Kuantitatif dengan Penelitian Kualitatif
Penelitian Kualitatif
Penelitian Kuantitatif
Desain tidak terinci, fleksibel, timbul "emergent" serta
berkembang sambil jalan antara lain mengenai tujuan, subjek,
sampel, dan sumber data.
Desain terinci dan mantap.
Desain sebenarnya baru diketahui dengan jelas setelah penelitian

selesai (retrospektif).
Desain direncanakan sebelumnya pada tahapan persiapan

(projektif)
Tidak mengemukakan hipotesis sebelumnya, hipotesis lahir

sewaktu penelitian dilakukan; hipotesis berupa "hunches", petunjuk

yang bersifat sementara dan dapat berubah; hipotesis berupa

pertanyaan yang mengarahkan pengumpulan data.
Mengemukakan hipotesis sebelumnya, yang akan diuji

kebenarannya.
Hasil penelitian terbuka, tidak diketahui sebelumnya karena

jumlah variabel penelitian tidak terbatas
Hipotesis menentukan hasil yang diharapkan; hasil telah

diramalkan (apriori); hasil penelitian telah terkandung di dalam

hipotesis, jumlah variabel terbatas
Desain fleksibel, langkah-langkah tidak dapat dipastikan

sebelumnya dan hasil penelitian tidak dapat diketahui atau diramalkan

sebelumnya
Dalam desain jelas langkah-langkah penelitian serta hasil yang

diharapkan
Analisis data dilakukan sejak mula penelitian dan dilakukan

bersamaan dengan pengumpulan data, walaupun analisis akan lebih

banyak pada tahap-tahap selanjutnya.
Analisis data dilakukan setelah semua data terkumpul pada tahap

akhir.

Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti setatus sekelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu sistempeikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat deskipsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Definisi
Menurut Whintney (1960), metode deskriptif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian deskriptif mempelajarai masalah-masalah dalam masyarakat serta tatacara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi tertentu, termasuk tentang hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena. Dalam metode deskriptif, peneliti bisa saja membandingkan fenomena-fenomena tertentu sehingga merupakan suatu setudi komparatif . adakalanya peneliti mengadakan klasifikasi, seerta penelitian terhadap fenomena-fenomena dengan menetapkan suatu setandar atau suatu norma tertentu sehingga banyak ahli menamakan metode deskriptif ini dengan nama survei normatif (normative survey). Dengan metode deskriptif ini juga diselidiki kedudukan (status) fenomena atau factor dan melihat hubungan antara satu factor dengan factor  yang lain. Karenanya, metode deskriptif juga dinamakan studi status (satus study).
Metode deskriptif juga ingin mempelajari norma-norma atau setandar-setandar, sehingga penelitian deskriptif ini disebut juga survey normative. Dalam metode deskriptif dapat diteliti masalah normative bersama-sama dengan masalah setatus dan sekaligus membuat perbandingan-perbandingan antar fenomena. Studi demikian dinamakan secara umum sebagai studi atau  penelitian deskriptif. Prespektif waktu yang dijangkau dalam penelitian deskriptif , adalah waktu sekarang, atau sekurang-kurangnya jangka waktu yang masih terjangkau dalam ingatan responden.
Ciri-ciri Metode Deskriptif
Secara harfiyah, metode deskriptif adalah metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian, sehingga metode ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar belaka. Namun, dalam pengertian metode penelitian yang lebih luas, penelitian deskriptif mencakup metode penelitian yang lebih luas di luar metode sejarah dan eksperimental, dan secara lebih umum sering diberi nama, metode survei. Kerja peneliti, bukan saja memberikan gambaran terhadap fenomena-fenomena, tetapi juga menerangkan hubungan, menguji hipotesis-hipotesis, membut predeksi serta mendapatkan makna dan implikasi dari suatu masalah yang ingin dipecahkan. Dalam mengumpulkan data digunakan teknik wawancara, dengan mengunakan schedule questionair ataupun interview guide.
Jenis-jenis Penelitian Deskriptif
Dtinjau dari jenis masalah yang diselidiki, teknik dan alat yang digunakan dalam menliti, serta tempat dan waktu penelitian dilakukan, penelitian desekriptif dapat dibagi atas bebeprapa jenis yaitu:
  • Metode survey,
  • Metode deskriptif  berkesinanbungan (Continuity deskrptive),
  • Penelitian Studi kasus,
  • Penelitian analisis pekerjaan dan aktivitas,
  • Penelitian tindakan (action research),
  • Penelitian perpustakaan dan documenter.
  1. Metode survey
Metode survei adalah penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara factual, baik tentang institusi sosial, ekonomi, atau politik dari suatu kelompok ataupun suatu daera. Metode survey membedah dan menguliti serta mengenal masalah-masalah serta mendapatkan pembenaran terhadap keadaan dan praktik-praktik yang sedang berlangsung. Dalam metode survei juga dikerjakan evaluasi serta perbandingan-perbandingan terhadap hal-hal yang telah dikerjakan orang dalam menangani situasi atau masalah yang serupa dan hasilnya dapat digunakan dalam pembuatan rencana dan pengambilan keputusan di masa mendatang. Penyelidikan dilakukan dalam waktu yang bersamaan terhadap sejumlah individu atanu unit, baik secara sensus atau dengan mengunakan sample. Unit yang digunakan dalam metode survei cukup besar. Misalnya, Kinsey, et al., (1948) dalam penelitian meraka mengenao tinggah laku seksual di Amerika Seriakat telah menggunakan sample dengan 12 ribu orang anggota sample. Banyak sekali masalah dap;t diteliti dengan mengunakan metode survey, termasuk bidang produksi dan tata niaga (survey produksi dan tata niaga ), usaha tani(surve usaha tani), masalah kemasyarakatan (survey sosial), masalah komunikasi daan pendapat umum (survei pendat umum), masalah politik (survey politik), masalah pendidikan (survey pendidikan dan persekolahan), dan sebagainya.
  1. Metode deskritif  berkesinambungan
Metode deskriptif berkesinambungan (continuity descriptive research), adalah kerja meneliti secara deskriptif yang dilakukan secara terus menerus atas suatu objek penelitian. Sering kali dilakukan dalam meneliti masalah-masalah sosial.pengetahuan yang lebih menyeluruh dari masalah serta fenomena dan ketentuan-ketentuan sosial dapat diperoleh jika hubungan-hubungan fenomena dikaji dalam suatu interval perkembangan dalam suatu periode yang lama. Dengan memperhatikan secara detail perubahan-perubahan yang dinamis dalam suatu interval tertentu, maka generalisasi suatu situasi atau fenomena secara dinamis dapat dibuat. Meneliti yang berkehendak menjangkau informasi factual yang mendetail secara interval dinamakan penelitian deskriptif berkesinambungan. Jika perhatian dipusatkan kepada perubahan-perubahan prilaku atau pandangan, maka teknik dalam meneliti dinamakan teknik panel. Teknik ini berupa wawancara dengan kelompok-kelompok manusia yang sama pada situasi yang berbeda. Informasi yang diinginkan bisa saja kuantitatif , seperti jumlah konsumsi, anggaran belanja keluarga, dan sebagainya.
Penggunaan metode deskriptif berkesinambungan lebih popular dalam mengkaji masalah sosial. Misalnya, Whitney dan Milholland (1930) mempelajari status akademis dari mahasiswa tingkat persiapan dari Colorado State Colege of Education pada tahun 1930. Penelitian dilakukan dalam waktu empat tahun, dengan menlurusi status akademis sejak tingkat persiapan sampai dengan lulus sarjana muda.
  1. Penelitian Studi Kasus
Studi kasus, atau penelitian kasus (case study), adalah penelitian tentang status subjek penelitian yang berkenan dengan suatu fase spesifik atau khas dari keselurahan personalitas (Maxfield, 1930). Subjek penelitian dapat saja individu, kelompok, lembaga, maupun masyarakat. Peneliti ingin mempelajari secara intensif latar belakang serta interaksi lingkungan dari unit-unit sosial yang menjadi subjek. Tujuan studi kasus adalah untuk memberikan gambaran secara mendetail latar belakang, sifat-sifat serta karakter-karakter yang khas dari kasus, ataupun status dari individu, yang kemudian dari sifat-sifat khas di atas akan jadikan suatu hal yang bersfat umum. Pada mulanya, studi kasus ini banyak digunakan dalam penelitian obat-obatan dengan tujuan diagnosis, tetapi kemudian penggunaan studi kasus telah meluas sampai kebidang-bidang lain.
Hasil dari penelitian kasus merupakan suatu generalisasi dari pola-pola kasus yang tipikal dari individu, kelompok, lembaga, dan sebagainya. Tergantung dari tujuannya, ruang lingkup dari studi dapat mencakup segmen atau bagian tertentu atau mencakup keseluruhan siklus kehidupan dari individu, kelompok, dan sebagainya, baik dengan penekanan terhadap factor-faktor kasus tertentu, atau meliputi keseluruhan factor-faktor dan fenomena-fenomena. Stadi kasus lebih menekankan mengkaji vairabel yang cukup banyak pada jumlah unit yang kecil. Ini berbeda dengan metode survei, dimana peneliti cenderung mengevaluasi variabel yang lebih sedikit, tetapi dengan unit sample yang relatif besar.
Studi kasus banyak dikerjakan untuk meneliti desa, kota besar, sekelompok manusia drop out, tahanan-tahanan, pimpinan-pimpinan, dan sebagainya. Jika stadi kasus ditujukan untuk menliti kelompok, maka perlu dikisahkan atau diisolasikan kelompok-kelompok dalam onggokan yang homogen.
Stadi kasus banyak kelemahan disamping adanya keunggulan-keunggulan. Studi kasus mempunyai kelemahan karena anggota sampel yang terlalu kecil, sehingga sulit dibuat inferensi kepada populsi. Disamping itu, studi kasus sangat dipengaruhi oleh pandangan subjektif dalam pilihan kasus karena adanya sifat khas yang dapat saja terlalu dibesar-besarkan. Kurangnya objektifitas, dapat disebabkan karena kasus cocok benar dengan konsep yang sebelumnya telah ada pada si peneliti, ataupun dalam penetapan serta pengikutsertaan data dalam konteks yang bermakna yang menjurus pada interprestsi subjektif.
Studi kasus mempunyai keunggulan sebagai suatu studi untuk mendukung studi-studi yang besar di kemudian hari. Studi kasus mendukung studi-studi yang besar di kemudian hari studi kasus dapat memberikan hipotesis-hipotesis untuk penelitian lanjutan. Dari segi edukatif, maka studi kasus dapat digunakan sebagai contoh ilustrasi baik dalam perumusan masalah, penggunaan statistik dalam menganalisis data serta cara-cara perumusan generalisasi dan kesimmpulan
Marilah kita lihat sebuah contoh studi kasus tentang anak-anak yang tidak dapat menguasai teknik membaca karena jenis-jenis sebab. Penelitian yang memakan waktu dua tahun, secara mendetail telah mempelajari hal-hal berikut.
  • Menentukan sejarah dari sekolah dan rumah tangga sang anak.
  • Menentukan setatus sekarang dari anak.
  • Mengadakan diagnosis terhadap kesukaran-kesukaran membaca sang anak
  • Menentukan sebab musabab si anak mempunyai kekurangan-kekurangan dalam membaca.
  • Mengukur dari hasil pengajaran.
Langkah-langakah pokok dalam meneliti kasus adalah sebagai berikut.
1. Rumuskan tujuan penelitian.
2. Tentukan unit-unit studi, sifat-sifat mana yang akan diteliti dan hubungkan apa yang akan dikaji serta proses-proses apa yang akan menuntun penelitian.
3. tentukan rancangan serta pendekatan dalam memilih unit-unit dan teknik pengumpulan data mana yang digunakan. Sumber-sumber data apa yang tersedia
4. kumpulkan data.
5. Organisasikan informasi serta data yang terkumpul dan analisis untuk membuat interpretasi seta generalisasi.
6. Susun laporan dengan memberikan kesimpulan serta implikasi dari hasi penelitian.
Studi atau penelitian komperatif
Penelitian komperatif adalah sejenis penelitian deskriptif yang ingin mencari jawab secara mendasar tentang sebab-akibat, dengan menganalisis factor-faktor penyebab terjadinnya atau munculnya suatu fenomena tertentu. Jangakauan waktu adalah masa sekarang, karena jika jangkauan waktu terjadinya adalah masa lampau, maka penelitian tersebut termasuk dalam metode sejarah. Dalam studi komperatif ini, memeng sulit untuk mengetahui factor-faktor penyebab yang dijadikan dasar pembanding, seperti penelitain komperatif  tidak mempunyai control. Hal ini semakin nyata kesulitannya jika kemungkinan-kemungkinan hubungan antar fenomena banyak sekali jumlahnya
Studi komperatif banyak sekali dilakukan jika metode eksperimental tidak dapat diperlukan. Bidang studi mencakup penghiduupan kota dan desa, dengan membandingkan pengaruh sebab akibat dari mekanan, rekreasi, waktu kerja, ketenangan kerja, dan sebagainnya. Penelitian komperatif dapat dilakukan untuk mencari pola tingkahlaku serta prestsi belajar dengan membedakan unsur waktu masuk sekolah, dan lain-lain.
Metode penelitian komperatif adalah bersifat ex post facto. Artinya, data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dikumpulkan telah selesai berlangsung. Peneliti dapat melihat akibat dari suatu fenomena dan menguji hubungan sebab akibat dari data-data yang tersedia. Keunggulan metode ini adalah sebagai berikut.
  1. Metode komparatif dapat mensubtisusikan metode eksperimental karena beberapa alasan:
  • Jika sukar diadakan kontrol terhadap salah satu faktor yang ingin diketahui atau diselidiki hubungan sebab-akibat.
  • Apabila teknik untuk mengadakan vaiabel kontrol dapat menhalangi penampilan fenomena secara normal ataupun tidak memungkinkan adanhya interaksi secara normal.
  • Penggunaan laboratoriuum untuk penelitian untuk dimungkinkan, baik karena kendala teknik, keungan, maupun etika, dan normal.
  1. Dengan adanya teknik yang lebih mutakhir serta alat setatistik yang lebih maju, membuat penelitian komparatif dapat mengadakn estimasi terhadap parameter-parameter hubungan kausal secara lebih efektif.
Disamping keunggulan-keunggulan, penelitian komparatif mengandung kelemahan-kelemahan, antara lain sebagai berikut.
  1. Karena penelitian  komparatif sefatnya ex post facto, maka penelitain tersebut tidak mempunyai kontrol terthadap variabel bebas. Peneliti hanya berpegang pada penampilan variabel sebagaimana adanya, tanpa kesempatan mengatur kondisi ataupun mengadakan manipulasi terhadap bebrapa variabel. Karena itu, sipenelitia diharapkan mempunyai cukup banyak alas an dalam mempertahankan hasil hubungan-hubungan kasual yang ditemukan, dan dapat mengajukan hipotesis-hipotesis saingan untuk membuat jastifikasi terhadap kesimpulan-kesimpulan yang ditarik.
  2. Sukar memperoleh kepastian, apakah faktor-faktor suatu hubungan kausal yang diselidiki benar-benar relaevan.
  3. Karena faktor-faktor bukan bekerja secara merdeka tetapi saling berkaitan antara satu dengan lain, maka interaksi antar faktor-faktor tunggal sebagai penyebab atau akibat terjadinya suatu fenomena sukar diketahui. Bahkan akibat dari faktor ganda, bisa saja dikarenakan oleh faktor diluar cakupan penelitian yang bersangkutan.
  4. Adakalanya dua atau lebih faktor memperlihatkan adanya hubungan, tetapi belum tentu bahwa hubungan yang diperlihatkan adalah hubungan sebab-akibat. Mungkin saja hubungan variabel tersebut dikarenakan oleh adanya keterkaitan dengan faktor-faktor lain diluar itu. Dilain pihak, andai kata pun telah diketemukan bahwa hubungan antara faktor-faktor adalah hubungan sebab-akibat, tetapi masih sukar untuk dipisahkan faktor mana sebagai penyebab dan faktor mana yang merupakan akibat
  5. Mengkatagorisasikan subjek dalam dikotomi (misalnya, dalam katagori demokrasi dan otoriter, pandai bodoh, tua-muda, dan sebagainya) untuk tujuan perbandingan, dapat menjurus kepada pengambilan keputusan dan kesimpulan yang salah akibat katagori-katagori dikhotomi yang dibuat mempunyai sifat kabur, bervariasi, samar-samar, mengahendaki valuejudgement, dan tidak kokoh.
Langkah-langkah pokok dalam studi komparatif adalah sebagai berikut,
  1. Rumuskan dan definisikan masalah.
  2. Jajki dan teliti literature yang ada.
  3. Rumuskan kerangka troritis dan hipotesis-hipotesis serta asumsi-asumsi yang dipakai.
  4. Buatlah rancangan penelitian:
  • Pilih subjek yang digunakan dengan teknik pengumpulan data yang diinginkan;
  • Kategorikan sifat-sifat atau atribut-atribut atau hal-hal lain yang sesuai dengan masalah-masalah yang ingin dipecahkan, untuk memudahkan analisis sebab-akibat.
  1. Uji hipotesis, buat interpretasi terhadap hubungan dengan teknik statistic yang tepat.
  2. Buat gegeralisasi, kesimpulan, serta implikasi kebijakan.
  3. Susun laporan dengan cara penulisan ilmiah.
Dalam penelitian komparatif, sering digunakan teknik korelasi, Dalam penelitian komparatif, sering digunakan teknik korelasi, yaitu meneliti derajat ketergantungan dalam hubungan-hubungan antarvariabel dengan menggunakan koefisien korelasi. Namun, perlu dijelaskan bahwa penggunaan koefisien korelasi hanya menyatakan tinggi rendahnya ketergantungan antar variabel yang diuji, tetapi tidak menyatakan ada tidaknya hubungan yang terjadi. Ini berbeda dengan penggunaan metode eksperimental. Pada metode eksperimental, peneliti dapat menguji ada tidaknya efek tertentu. Dengan demikian, penggunaaan teknik korelasi dalam penelitian komparatif mengandung kelemahan-kelemahan, antara lain sebagai berikut.
  • Menjurus pada keterbiasaan menggunakan teknik korelasi dengan memasang variabel apa saja tanpa pilih yang menjurus pula interpretasi yang salah.
  • Tidaknya adanya kontrol terhadap variabel bebas, dan tidak dapat melihat ada tidaknya hubungan kausal antar variabel. Peneliti tidak dapat mengenai yang mana variabel bebas dan mana variabel dependen.
  1. Penelitian  Analisis kerja dan aktivitas
Analisis Kerja dan Aktivitas (job and activity analysis), merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian itu ditujukan untuk menyelidiki secara terperinci aktivitas dan pekerjaan manusia. Dan hasil penelitian tersebut dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk keperluan masa yang akan datang. Penenlitian perkejaan di bidang industri dinamakan job analysis (analisis pekerjaan), sedangkan penelitian di bidang pertanian , disebut analysis aktivitas (activity analysis). Analysis aktivitas juga mencakup analysis pekerjaan dibidang jasa, seperti pendidikan, peleyanan kesehatan, dan sebagainya.
Dalam penelitian ini, studi yang mendalam dilakukan terhadap kelakuan-kelakuan pekerjaan, buruh, petani, guru, dan lain-lain terhadap gerak-gerik mereka dalam melakukan tugas, penggunaan waktu secara efisien dan efektif, dan sebagainya. Data mengenai hal-hal yang ini diselidiki, kemudian dianalisis, diberikan interpretasi, dan diadakan generalisasi dalam rangka menetapkan sifat-sifat dan keriteria-keriteria pekerjaan yang baik, rencana upgrading, keseimbangan berusaha dan bekerja serta aktivitas sangat berkembang pada masa sesudah Perang Dunia I, dengan tujuan untuk mengadakan klsifikasi pekerjaan dan pekerjaan secara lebih efektif.
Studi Waktu Gerakal.
Studi Waktu dan gerakan (time and motion study) adalah penelitian dengan metode deskriptif yang berusaha untuk menyelidiki efisien produksi dengan mengadakan studi yang mendetail tentang penggunaan waktu serta perilaku pekerja dalam proses produksi. Gerak-gerak utama dalam pekerjaan diamati, dicatat, dilukiskan, serta dianalisis. Generalisasi dan interpretasi tentang waktu yang digunakan serta gerak-gerak utama yang terjadi, sehingga suatu kesimpulan tentang gerak-gerak yang diperlukan dalam pekerjaan, gerak-gerak yang tidak diperlukan yang dapat menghambat pekerjaan serta saran-saran dalam rangka memperbaiki pekerjaan dan menambah efisiensi kerja. Dalam rangka efisisensi, juga perlu dikaji alat-alat produksi yang digunakan, serta bagaimana alat-alat produksi tersebut diatur demi peningkatan efisisensi kerja.
Kriteria Pokok Metode Deskriptif
Metode deskriptif mempunyai beberapa pokok, yang dapat dibagi atas kriteria umum dan kriteria khusus. kriteria tersebut adalah sebagai berikut
Kriteria umum
Kriteria umum dari penelitian dengan metode deskriptif adalah sebagai berikut.
  1. Masalah yang dirumuskan harus patut, ada nilai ilmiah serta tidak terlalu luas.
  2. Tujuan penelitian harus dinyatakan dengan tegas dan tidak terlalu umum.
  3. Data yang digunakan harus fakta-fakta yang terpercaya dan bukan merupakan opini.
  4. Standar yang digunakan untuk membuat perbandingan harus mempunyai validitas.
  5. Harus ada deskripsi yang terang tentang tempat serta waktu penelitian dilakukan.
  6. Hasil penelitian harus berisi secara detail yang digunakan, baik dalam mengumpulkan data maupun dalam menganalisis data serta studi kepustakaan yang dilakukan. Deduksi logis harus jelas hubungannya dengan kerangka teoritis yang digunakan jika kerangka teoritis untuk itu telah dikembangan.
Kriteria Khusus
Kriteria khusus dari metode deskriptif adalah sebagai berikut.
  1. Prinsip-prinsip ataupun data yang digunakan dinyatakan dalam nilai (value).
  2. Fakta-fakta ataupun prinsip-prinsip yang digunakan adalah mengenai masalah status.
  3. Sifat penelitian adalah ex post facto, karena itu, tidak adalah kontrol terhadap variabel, dan peneliti tidak mengadakan pengaturan atau menipulasi terhadap variabel. Variabel dilihat sebagaimana adanya.
Langkah-langkah Umum dalam Metode Deskriptif
Dalam melaksanakan penelitian deskriptif, maka langkah-langkah umum yang sering diikuti adalah sebagai berikut.
  1. Memilih dan merumuskan masalah yang menghendaki konsepsi ada kegunaan masalah tersebut serta dapat diselidiki dengan sumber yang ada.
  2. Menentuan tujuan dari penelitian yang akan dikerjakan. Tujuan dari penelitian harus konsisten dengan rumusan dan definisi dari masalah
  3. Memberikan limitasi dari area atau scope atau sejauh mana penelitian deskriptif tersebut akan dilaksanakan. Termasuk didalamnya daerah geografis dimana penelitian akan dilakukan, batasan-batasan kronologis ukuran tentang dalam dangkal, serta seberapa utuh daerah penelitian tersebut akan dijangkau.
  4. Pada bidang ilmu yang telah mempunyai teori-teori yang kuat, maka perlu dirumuskan kerangka teori atau kerangka konseptual yang kemudian diturunan dalam bentuk hipotesis-hipotesis untuk diverifikasikan. Bagi ilmu sosial yang telah berkembang baik, maka kerangkan analisis dapat dijabarkan dalam bentuk-bentuk model matematika.
  5. Menulusuri sumber-sumber kepustakaan yang ada hubungannya dengan masalah yang ingin dipecahkan.
  6. Merumuskan hipotesis-hipotesis yang diuji, baik secara emplisit maupun secara implicit.
  7. Melakukan kerja lapangan untuk megumpulkan data, gunakan teknik pengumpulan data yang cocok untuk penelitian.
  8. Membuat tabulasi serta analisis statistic dilakukan terhadap data yang telah dikumpulkan. Kurangi penggunaan statistic sampai kepad batas-batas yang dapat dikerjakan dengan unit-unit pengukuran  yang sepadan.
  9. Memberikan interpretasi dari hasil dalam hubungannya dengan kondisi sosial yang ingin diselidiki serta dari data yang diperoleh serta refrensi khas terhadap masalah yang ingin dipecahkan.
10.  Mengadakan generalisasi serta deduksi dari penemuan serta hipotesis-hipotesis yang ingin diuji. Berikan rekomendasi-rekomendasi untuk kebijakan-kebijakan yang dapat ditarik dari penelitian.

PREPOSITION BAHASA INGGRIS

Okay sahabat blogger, saya akan lanjut menulis tentang sebuah PREPOSITION yang mungkin masih banyak teman-teman yang kurang mengerti terutama penulis pribadi, karena setiap menjawab pertanyaan yang berkaitan tentang preposition, saya selalu salah dalam penempatan/pemilihan preposition oleh karena sebab itu saya akhirnya menulis artikel ini buat diri saya pribadi dan buat teman-teman.....tanpa panjang lebar lagi ayo kita mulai----->
Prepositions are the words which are used to connect the different nouns, pronouns and phrases in a sentence. It functions to introduce or precede the word or phrase to be connected, called the object of the preposition.
The preposition usually indicates the relation between the words it is connecting. It tells whether the words are connected in actual space or a place, or related through time or are they part of a thought or process.
Prepositional phrases are the preposition and its object and any adjectives or adverbs that were applied to the object. The prepositional phrase as a whole can also be used as a noun, adverb or adjective.
He found the book on the table.
  • Here the preposition is ‘on’ as it shows the relation in place between the book and the table.
  • The prepositional phrase is ‘on the table’ which is acting as an Adverb telling where the book was found.
She went to sleep early.
  • In this sentence the preposition is ‘to’ which is introducing where or in what state had the noun gone into.
Her house was beside a steep hill.
  • The preposition here is beside which is telling the place where the house was.
  • The prepositional phrase is ‘beside a steep hill’ which is acting as an adverb.
Kinds of Prepositions -
Simple Prepositions
- These prepositions are constructed by only one word like -
-Onataboutwithafterfor, etc.
- He found the book about dogs on the table, in the bedroom.
Double Prepositions
- These prepositions are formed by combining two words or two Simple Prepositions-
-Intowithinupononto, etc.
- The dog jumped onto the bed and left marks upon the sheets.
Compound Prepositions
- These prepositions are two word prepositions.
-According to, because of, next to, due toetc.
- He was upset because of his son's behaviour.
Participle Prepositions-
- Participles are actually verbs that end with ‘-en’ or ‘-ing’. As these verbs were commonly and very popularly used as prepositions by the people, these verbs have been given a special status as prepositions.
-Consideringduringgivenincluding etc.
-Considering what he had to work with, he did a pretty good job.
Phrase Prepositions
- These prepositions are a combination of the preposition a modifier (optional) the object. They are used to modify the nouns, verbs or sentences and also complete clauses.
At home, in time, with me, from my father, under the blanket,etc.
- The clothes left on the bed have been ironed and kept back.
List of Prepositions
Prepositions can only be learnt by memory; unfortunately there is no method or particular way to recognize and learn them. To help you with memorizing the different prepositions, here is a list of common prepositions.
Simple Prepositions
For
By
At
On
Of
Off
To
Double Prepositions
Into
Onto
Upto
From Behind
From Beneath
Out Of
Upon
Compound Prepositions
Across
Along
Beside
Behind
Before
Without
Inside
Participle Prepositions
Concerning
Notwithstanding
Pending
During
Given
Failing
Excluding
Phrase Prepositions
At high speed
By all means
For a change
In accordance with
On a journey
Out of curiosity
To the best of
These classifications are based on the construction of the prepositions themselves. Apart from this, prepositions are also categorized based on their use in a sentence as:
1. PREPOSITIONS OF PLACE
Prepositions of place refer to those prepositions that can be used to show where something is located.
There are three prepositions of place:
At
‘At’ is used for a point:
At the end of the lane.
At the door/entrance/exit.
At the corner.
At the desk.
Note: There are many standard expressions that are exceptions to this rule:
At home.
At work.
At school/college/university.
At the side.
In
‘In’ is used for enclosed spaces:
In Mumbai/India.
In the room.
In the store.
In my pocket/bag.
In the building/tower.
Note: There are some standard expressions that are an exception to this rule:
In the book/magazine/newspaper.
In the sky.
On
‘On’ is used for surfaces:
On the table.
On the rug.
On the floor.
On the cover.
On the page.
Note: There are many standard expressions that are exceptions to this rule:
On the bus/train/plane/ship.
On the radio/television.
On the left/right.
On the way.
2. PREPOSITION OF TIME
There are three prepositions of time:
At
‘At’ is used for precise times:
At ten o’clock.
At 10.30am.
At the moment/present/same time.
At sunrise/sunset/noon/dinnertime/bedtime/dusk/dawn.
Note: At night is a standard expression that is an exception in this case.
In
‘In’ is used for months, years, decades, centuries, and long periods of time:
In January.
In 1991.
In the 70s.
In this century.
In the Dark Ages.
Note: In the morning(s)/afternoon(s)/evening(s) are standard expressions that are exceptions in this case.
On
‘On’ is used for days and dates:
On Wednesday.
On Friday.
On the 10th of January
On Christmas.
Note: ‘on’ is also used when you specify the day followed by the part of the day. For example on Wednesday mornings.
3. PREPOSITION OF MOVEMENT
There are 9 prepositions that pertain to movement:
To
‘To’ is used when there is a specific destination in mind. The destination can be a number of things:
A place:
I’m going to the doctor’s.
Can you direct me to the nearest post office?
An event:
Are you going to the party?
I have never been to a concert.
A person:
She came up to me.
I go to my father for advice.
A position:
The bathroom is to your left.
Keep to the left.
Towards
‘Towards’ is used in the following instances:
When one has movement in a particular direction in mind, rather than simply a destination:
He was walking menacingly towards me.
Or to refer to a position, in relation to a direction from the point of view of the speaker:
He was sitting with his back towards me.
Through
‘Through’ refers to the following types of movement:
Within a space, which can be thought of as surrounding, enclosing or around the object:
The train went through the tunnel.
Movement across something, i.e. from one side of it to the other:
He cut through the gauze.
Into
‘Into’ refers to the following types of movement:
Movement from the outside to the inside of something that can be imagined as surrounding, enclosing or around the object:
He got into the car.
Movement causing something to hit something else:
He swerved into the tree.
Across
‘Across’ is used to describe:
Movement from one end of something to the other:
He walked across the road.
He strode across the bridge.
Something’s position when it stretches over the surface it is on:
There was a barricade across the road.
To describe something’s position when it is at the opposite end from one’s position:
We went to the restaurant across the road.
Over
‘Over’ is used in the following instances:
To describe something’s position when it is above something else:
The bottle is in the cabinet over the sink in the kitchen.
To describe something’s position when it covers a surface:
A white cloth had been spread over the corpse.
Along
‘Along’ is used to describe:
Movement in a line:
We walked along the river.
The collective position of a group of things that are in a line:
He lived in one of the houses along the river.
In
‘In’ is used in the following instances:
Something’s position in relation to the area or space or place surrounding it:
We are going to have our picnic in the park.
I left my car in the garage.
To express towards the inside of something:
Put the pickle in the cabinet.
On
‘On’ is used in the following instances:
To describe something’s position in relation to a surface:
There was an array of food on the table.
To describe movement in the direction of a surface:
The rain falling on the roof kept me from sleeping.
Posted by Arling Sapri, Tgl 28-03-2014