RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SD Negeri Kebun Bunga 4 Banjarmasin
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema : Kasih Sayang
Subtema : Kasih Sayang Allah
Kelas/Semester : I/1
B.
AlokasiWaktu : 4 x 35 Menit
C. TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
1.
Melalui membaca berulang-lang peserta didik dapat melafalkan ar Rahman dan ar Rahim dengan baik dan benar.
2.
Melalui latihan berulang ulang peserta didik mampu mengartikan ar Rahman dan ar Rahim dengan baik dan benar
3.
Melalui pengamatan terhadap lingkungan, peserta didik mampu menyebutkan contoh-contoh kasih sayang Allah dalam kehidupan
D. Kompetensi Dasar
4.1 Melafalkan asmaul husna ar
Rahman dan ar Rahim
4.2 Mengenal makna al-asmaul husna ar Rahman dan ar Rahim
E. Indikator PencapaianKompetensi
4.1.1
Melafalkan ar
Rahman
4.1.2
Melafalkan ar
Rahim
4.2.1
Mengartikan ar
Rahman
4.2.2
Mengartikan ar Rahim
4.2.3 Menyebutkan
minimal 2 contoh kasih sayang Allah dalam kehidupan
5
Materi Pembelajaran
Ar Rahman dan Ar Rahim termasuk 2
diantara 99 asmaul husna. Asmaul Husna artinya Nama-nama Allah baik. Ar Rahman
berart maha Penyayang dan Ar Rahim artinya maha Pengasih. Diantara
contoh-contoh Allah maha pengasih dan penyayang adalah disediakan air, udara,
makanan dan lain-lain.
6
MetodePembelajaran
Kooperatif: TPS (think, pairs, and share)
7. Media Pembelajaran
Power poin Asmaul Husna
Video Asmaul Husna
Poster/Gambar Asmaul Husna
8. SumberBelajar
Al Qur’an dan Terjemahnya
Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas I
Lingkungan sekitar
9 Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan dengan lancar dan benar
(surah al Ikhlas)
c. Guru
mengarahkan kesiapan diri peserta didik dan kehadiran peserta
didik dengan mengisi lembar kehadiran.
d. Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema kasih sayang dan
sub tema kasih sayang Allah;
e. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f. Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati,
menyimak,menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi
dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan AllahSwt melalui
tayangan media ICT/gambar
·
Peserta didik menyimak audio kata
ar Rahman dan ar Rahim.
·
Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang contoh- contoh kasih sayang Allah secara klasikal.
b.
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang kasih sayang Allah swt.
·
Peserta didik Mengajukan pertanyaan terkait dengan kasih sayang Allah swt.
c.
Mengekplorasi
·
Peserta didik menceritakan
kembali isi poster/gambar/tayangan tersebut
·
Secara
berpasangan peserta
didik menyebutkan asmaul husna ar
rahman dan rahim dengan artinya.
·
Secara berpasangan peserta
didik mengemukan bukti kasih sayang Allah pada makhluk hidup.
d.
Mengsosiasi
1.
Peserta didik menghubungkan
kasih sayang Allah dengan realitas
kehidupan sehari-hari.
2.
Peserta didik
mengemukakan contoh kasih sayang Allah sesuai
dengan realitas pengalaman kehidupan sehari-hari.
e.
Komunikasi.
1. Peserta didik perwakilan mengemukakan pemahamannya
tentang kasih sayang Allah kepada dengan
temannya dalam satu kelas.
2. Peserta didik membuat kesimpulan dibantu dan
dibimbing oleh guru.
|
120
menit
|
3.
|
Penutup
a.
Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan
pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan
sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
b. Guru
menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara
individu maupun kelompok bagi peserta didik yang menguasai materi;
c. Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
10
Menit
|
10. Penilaian Hasil
Belajar
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk
mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian digunakan
sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran.
Tugas
Mengisi
rubrik tentang ar rahman dan Ar Rahim dengan artinya.
No
|
Komponen
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Melafalkan
ar-rahman
|
||
2.
|
Melafalkan
ar-Rahim
|
||
3
|
Mengartikan
ar-Rahman
|
||
4
|
Mengartikan
ar Rahim
|
Observasi
Mengamati
pelaksanaan dialog
No
|
Nama
|
Keaktifan/kerjasama/keberanian
|
||
tinggi
|
sedang
|
rendah
|
||
1
|
Aminah
|
|||
2
|
Ahmad
|
|||
3
|
Dst..
|
Tes
Tes
lisan
Aspek:
Keaktifan
Kerjasama
Mengapresiasi
Kemampuan
berbahasa
Mengetahui,
Kepala SD
Negeri Banjarmasin
Ttd.
Prof. Dr. Abdurrahim Yasin, MA
NIP. ......................................
|
Tanggerang, ......................................
Guru Mata Pelajaran PAI
Ttd.
Dr. Abdur Rahman bin Abdur
Rahim.
NIP. ........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar