Minggu, 16 Maret 2014

CARA MEMBUAT FILE PDF

Mungkin ada salah satu dari sobat-sobat semua yang belum tau bagaimana cara membuat file PDF. Pertama yang harus kita tau adalah KENAPA PDF?
PDF merupakan sebuah rangkuman dokumen yang biasanya digunakan untuk membuat E-BOOK atau artikel yang ingin diterbitkan secara online, karena file PDF ini mampu mengkonversi file dengan ukuran yang besar menjadi ukuran yang kecil (compression).
Nah salah satu Software Freeware untuk membuat file PDF yang akan saya bagikan ke sobat semuanya adalahPrimoPDFMakeruntuk mendapatkan softwarenya silahkan download DISINI…
Kurang lengkap rasanya jika saya tidak menjelaskan disini bagaimana cara instalasi dan cara penggunaan dari PrimoPDFMaker ini. Untuk itu silahkan itu step by step langkah-langkah berikut.

INSTALASI

Klik FreewarePrimoSetup.exe kemudian akan muncul kotak dialog berikut.
01
Klik Next untuk melanjutkan, berikutnya muncul kotak dialog berikut.
02
Klik pilihan I agree to the terms of the license agreement, selanjutnya klik Next maka muncul kotak dialog selanjutnya seperti gambar berikut.
03
Tentukan lokasi dimana sobat ingin menyimpan file instalasi dari PrimoPDFMaker ini, sebaiknya tidak dirubah dan klik saja Next kemudian muncul kotak dialog berikut.
04
Kotak dialog diatas adalah kotak dialog konfirmasi yang menginformasikan tentang tempat file instalasi dan shortcut yang digunakan. Klik saja Next untuk memulai proses instalasi, dan jika sudah selesai proses instalasi akan muncul kotak dialog berikut.
05
Isikanlah informasi yang dibutuhkan jika sobat ingin mendapatkan e-mail tentang update terbaru dari pembuat Software ini. Jika sobat tidak ingin menerima e-mail, semuanya bisa dikosongkan. Klik Next dan jika muncul kotak dialog berikut klik saja Finish.
06

CARA PENGGUNAAN

Untuk membuat file dengan format PDF sangatlah mudah. Buatlah dokumen menggunakan Microsoft Office WordExcel atau yang lainnya. Kemudian klik File > Print, maka muncul kotak dialog berikut.
07
Pilih nama printer yang digunakan yaitu PrimoPDF untuk mengubah file sobat menjadi file PDF, selanjutnya klikOK dan akan muncul kotak dialog berikut.
09
Ubahlah beberapa setting seperlunya, seperti misalnya Document PropertiesPDF Security dan Save Asadalah tempat dimana sobat akan menyimpan hasil dari file PDF ini. Kalau setting sudah sesuai dengan yang sobat inginkan klik Create PDF. Setelah itu file PDF tersebut akan langsung dibuka dengan Adobe Acrobat Reader atau Adobe Photoshop atau software lainnya yang menjadi default pembuka file PDF di komputer sobat. Kenapa file PDF tersebut langsung terbuka setelah tersimpan??? Karena pada kotak dialog di atas pada pilihan Post Process sobat memilih Open PDF. Jika sobat tidak menginginkan hal itu terjadi klik pilihan Do Nothing.
Itulah sedikit uraian Saya tentang Bagaimana Membuat File PDF, untuk sobat yang mungkin memakai software PDF Maker yang lain, langkah-langkah yang digunakan juga berbeda, tetapi jika sobat sudah mengerti inti dari permasalahan ini maka sobat tidak akan bingung lagi.

SUMBER -----------> http://werdingeblog.com/

Tidak ada komentar: