Jumat, 21 Maret 2014

SUMBER MASALAH PENELITIAN SKRIPSI/THESIS





Langkah awal dari suati penulisan skripsi atau thesis adalah menemukan masalah. Sebenarnya tidak ada kaidah pasti untuk menemukan suatu masalah, tetapi ada beberapa saran yang bermanfaat dalam memilih masalah penelitian.Lebih ringkasnya saya sajikan sebagai berikut.


1. Pengalaman pribadi
    Pengalaman merupakan salah satu sumber yang paling berguna dalam pengambilan suatu masalah sebab dikembangkan dari pengalamn peneliti sendiri sebagai praktisi kependidikan.

2. Teori pendidikan dan teori tingkah laku.
    Suatu teori yang menyangkut prinsip umum, yang kelayakannya untuk diterapkan pada pendidikan masih belum bisa terbukti, sebelum prinsip tersebut dilakukan secara empiris.

3. Literatur Terkait
         Literatur terkait dapat diambil melalui bacaan laporan-laporan penelitian yang pernah dilakukan, baik berupa skripsi, tesis, desertasi, atau yang pernah di publikasikan dalam buku.

4. Masalah di Minat dan Profesi
    Mengidentifikasi lingkup masalah yang luas yang berhubungan dengan minat dan profesinya, selanjutnya memilah atau mengambil permasalahan dari lingkup tersebut.

5. Masalah yang Muncul saat Praktik Mengajar
    Ketika mahasiswa melakukan praktik mengajar yang istiliahnya KKN atau PPL, di sana muncul banyak permasalahan di dalam kelas, sekolah, atau masyarakat.

6. Perubahan teknologi
    Teknologi akan terus berubah dan berkembang. Banyak para siswa memiliki ketergantungan pada teknologi canggih. Dengan media ini, mahasiswa bisa menjadikannya sebagai ide untuk permasalahan.

7. Konsultasi
    Konsultasi dengan instruktur kursus, penasehat/ pembimbing, atau profesor utama dapat mendorong untuk menemukan suatu masalah penelitian. 

Ruang Lingkup FKIP 
Khusus untuk ruang lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, ruang lingkup masalah untuk diangkat sebagai judul skripsi bisa diperoleh dari sumber sebagai berikut.

1. Program  pengajaran, teks/ bahan kajian, alat pendukung pengajaran
2. Pengajaran dengan media
3. Modifikasi abjad, awal mengajar abjad
4. Mengajar secara team
5. Evaluasi pelajaran– pelaporan ke orang tua
6. Peraturan siswa / kendali
7. Evaluasi pelajaran, praktek,filosofi
8. Pekerjaan rumah kebijakan dan praktek
9. Darmawisata
10. Gedung sekolah dan fasilitas
11. Program ekstrakurikuler
12. Aktifitas siswa di luar sekolah
13. Aktifitas guru di luar sekolah
14. Linguistik
15. Pendekatan mengajar/belajar
16. Teknik mengajar/belajar
17. Metode mengajar/belajar
18. Gaya mengajar/belajar
19. Strategi mengajar/belajar
20. Laboratorium bahasa 
21. Moral guru/siswa
22. Motivasi guru/siswa
23. Organisasi bidang pendidikan 
24. Pendidikan luar sekolah
25. Peraturan dan kebijakan sekolah
   
Kesimpulannya adalah, gunakan pikiran dan nalar Anda sebagai seorang pengajar, pendidik atau peneliti untuk melihat sesuatu. Membiasakan diri untuk menganilisa sesuatu yang kita lihat dapat menuntun kita menjadi penulis skripsi/thesis yang berhasil.

(Diambil dari berbagai sumber)
Semoga pembahasan kali ini bisa bermafaat. Amien.

Tidak ada komentar: